Akhir 13 Reasons Why Menuai Kontroversi

Serial 13 Reasons Why  pasalnya kembali menuai kontroversi karena akhir cerita serial tersebut di musim terbarunya yang dinilai bisa Menimbulkan trauma dan juga gagal untuk mengedukasi para penontonnya. Kami akan memberikan gambaran dan juga data lengkap tentang akhir serial tersebut, akan tetapi untuk Anda yang belum menyaksikan akhir dari serial tersebut, kami memberitahukan bahwa mungkin dalam artikel ini akan ada beberan atau spoiler.

Akhir Cerita Serial 13 Reasons Why

Musim keempat sekaligus musim terakhir dari serial netflix ini pasalnya sudah tayang Sejak hari Jumat, 5 Juni 2020 yang lalu. Akan tetapi para penonton indotogel yang sudah menyelesaikan kesepuluh episodenya kebanyakan mengeluh perlakuan pada salah satu karakter utamanya. Setelah menimbulkan kontroversi di tiga musim sebelumnya saat ini serial 13 Reasons Why  kembali mendapat karena mengaku karakter Justin Foley yang diperankan oleh Brandon Flynn dinilai gagal. 

Sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia, musim terakhir serial ini dibuka dengan acara pemakaman yang membuat penonton menebak-nebak karakter mana yang akan mati. Diakhir kemudian diketahui bahwa karakter tersebut adalah Justin Foley. Walaupun semula Foley diceritakan sudah pulih dari kecanduan narkoba, pada akhirnya meninggal setelah tertular HIV, yang kemudian berkembang menjadi penyakit AIDS. 

para penonton kemudian mengalihkan cerita tersebut karena dianggap berpotensi Untuk memicu trauma. Bahkan, ada juga yang menganggap bahwa serial ini melewatkan kesempatan untuk memberikan pesan bahwa HIV dan AIDS tak lagi menjadi bagian dari ancaman kematian di abad ke-21.

“Maaf jika ini adalah #spoiler, namun aku merasa sangat jijik dengan cara 13 Reasons Why  membunuh ******.  Yang saya ketahui dia adalah satu-satunya aktor gay dalam serial ini. Membunuh karakternya karena sangat mengganggu dan juga berpotensi traumatis,” ungkap penggemar seorang penggemar.

“Kalian memiliki karakter yang berjuang dengan kecanduan narkoba dan tunawisma yang akhirnya mendapatkan keluarga yang penuh kasih dan kesempatan masa depan yang cerah… lalu kalian membunuhnya dengan AIDS?” ungkap yang lainnya. 

Sementara itu ada juga warganet lain yang menilai bahwa serial ini telah memberikan pesan di akhir cerita. “Mereka menyampaikan pesan yang salah. sudah pergi ke rehabilitas, menemukan keluarga baru, lalu mati karena penyakit setelah menemukan lagi jalan hidupnya yang benar? Dapatkah seseorang Menjelaskan ke saya bagaimana sebuah jalan cerita yang sehat untuk orang-orang melalui situasi ini?” kata seorang warganet yang lain.

Tentang Serial 13 Reasons Why

13 Reasons Why merupakan sebuah serial yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Jay Asher pada tahun 2007. Pada mulanya serial ini cuma dibuat untuk satu musim saja akan tetapi showrunner Brian Yorkey lalu mengembangkannya menjadi empat musim. 

Sistem Keempat dari serial ini dibuka dengan Winston yang diperankan oleh Deaken Bluman yang mencari keadilan untuk Monty (Timothy Granaderos) yang mana terbunuh di penjara setelah dijebak karena pembunuh Bryce. sementara itu, para siswa Liberty High School mempunyai tekanan untuk segera lulus dan kemudian mengubur rahasia kelam ini ini sedalam-dalamnya. Mereka dihadapkan pada tantangan untuk melangkah ke babak berikutnya pada kehidupan masing-masing, akan tetapi di season terakhir ini juga diperlihatkan bagaimana semua karakter utama terdorong ke jalan yang tidak terduga.

Tahun lalu netflix kemudian memutuskan untuk menyunting ulang adegan kontroversi di akhir musim tato yang mana memperlihatkan karakter Hannah Baker yang diperankan oleh Kathryn Langford mengakhiri nyawanya sendiri. Saat itu para aktivis kesehatan mental menyuarakan keprihatinan karena adegan tersebut bisa ditiru oleh para remaja.