Penjualan iPhone 12 Mini Anjlok

Hal mengejutkan datang dari perusahaan Apel. Produk iPhone 12 Mini ternyata tidak terlalu ramai di pasaran sehingga mengalami penjualan yang anjlok. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena ukuran layar yang lebih kecil dibandingkan dengan sebelumnya. Dan pengguna pun sudah memiliki layar kecil dengan model terdahulu, iPhone SE 2 yang dirilis pada pertengahan tahun 2020 yang lalu. Akibatnya penjualan hanya berhenti pada angka lima persen selama bulan Januari 2021.

Apa Penyebab Anjloknya iPhone 12 Mini?

Banyak faktor yang menyebabkan turunnya nilai penjualan iPhone 12. Ukuran dan spefisikasi ponsel memberikan pengaruh di mana pengguna lebih senang dengan ukuran ponsel yang lebar. Meskipun ukuran iPhone 12 Mini lebih lebar dari iPhone SE 2 tetap saja pengguna lebih memilih iPhone SE 2 karena dari segi harga ternyatnya perbedaannya cukup jauh. Pengguna akan berpikir ulang untuk memilih iPhone 12 dibandingkan dengan iPhoen SE 2 karena merogoh koceknya terlalu dalam untuk ukuran IPhone yang tidak terlalu berbeda.

Harga IPhone 12 Mini saat ini memiliki harga Rp 12,9 juta sedangkan iPhone SE 2 memiliki harga Rp 7,4 juta. Tentu saja dengan perbedaan harga yang cukup signifikan membuat pengguna tidak terlalu berharap mendapatkan iphone versi toto togel yang lebih baik dengan spesifikasi yang tidak terlalu jauh berbeda. iPhone SE sejak tahun 2020 sudah memiliki banyak peminat dan sampai saat ini pun demikian. Karena peminat tersebut yang tinggi, maka pihak Apple berinisiatif untuk mengeluarkan produk baru dengan layar kecil. Sayangnya hal itu tidak memberikan kesuksesan yang cukup baik bagi Apple.

Beberapa pengamat ponsel mengatakan bahwa nasib Iphone 12 mini mungkin saja tidak akan lama karena ponsel jenis tersebut telah gagal diterima di pasaran. Akibatnya Apple bisa saja mengalami kerugian jika tidak mampu mendongklang promosi untuk jenis ponsel ini. Di pasar ponsel sendiri, layar kecil hanya disenangi sebanyak 10 persen dari jumlah pengguna ponsel. Kebanyakan pengguna lebih senang memiliki ponsel yang ukuran layarnya minimal 6 inci. Ihal sama juga disampaikan oleh Trustedreviews.

Perusahaan Apple Akan Berhenti Produksi?

Karena penjualan yang menurun terutama di jenis iPhone 12 dan iPhone 12 mini, maka pihak Apple pun memutuskan untuk melakukan penghentian pada produksi selanjutnya. Khususnya di pertengahan tahun mendatang. Analisa J.P Morgan mengatakan bahwa lebih baik Apple memproduksi iPhone dengan ukuran standar agar bisa disenangi masyarakat untuk meningkatkan kembali nilai jualnya. Penyesuaian produksi lebih baik didiskusikan dengan investor sehingga tidak memberikan penilaian negatif terharap produk.

Kegagalan pada iPhone Mini 12 adalah sebuah bentuk penggambaran bagaimana minat konsumen terhadap ponsel dan penggunaannya dewasa ini. Jika dibandingkan dengan merek lain, iPhone menjadi merek ponsel bergengsi dengan harga yang fantantis. Untuk ukuran mini, pengguna pasti lebih memilih ponsel yang affordable daripada harus menggunakan ponsel ukuran mini dengan harga yang tidak memuaskan. Bagaimana komentar Apple mengenai penjualan iPhone model ini?

Dalam berbagai kesempatan, pihak Apple masih tidak mau memberikan komentar mengenai penjualan iPhone Mini 12 yang ternyata tidak sesuai dengan harapan. Meskipun begitu para pecinta produk Apple berharap bahwa di masa mendatang ada produk baru yang menjanjikan dengan fitur terbaik dan harga yang lebih realistis. Dengan begitu Apple pun akan mendapatkan kepercayaan lagi dari konsumen.